Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Dansatpom Lanud Rsn Resmikan Monumen Dan Icon Tulisan Ksatria Dharmawangsa

Bagikan via:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Komandan Satuan Polisi Militer Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Pom I Gede Eka Santika, S.H., M.P.M., meresmikan monumen dan icon tulisan “Ksatria Dharmawangsa”, tempat didepan kantor Satpom Lanud Rsn Pekanbaru, Senin (1/11/21).

Kegiatan diawali dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita sebagai rangkaian acara peresmian Monumen dan icon tulisan “Ksatria Dharmawangsa”.

Komandan Satpom Lanud Rsn Letkol Pom I Gede Eka Santika dalam sambutannya mengatakan, bahwa monumen ini akan menjadi tempat bersejarah khususnya bagi prajurit Satpom Lanud Rsn, agar dalam melaksanakan tugas dapat memberikan kebanggaan korp dan semangat dalam bekerja.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Ksatria artinya adalah, prajurit, kasta/golongan masyarakat dalam mitologi Hindu mencakup kalangan para raja, adipati, patih dan masyarakat pembela tanah kerajaan nya,
sedangkan pengertian Dharmawangsa sendiri adalah nama lain dari Yudhistira, adalah sosok putra pertama Raja Pandu dalam kisah Mahabharata, sebagai anak tertua dari Pandawa 5 diatas Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa.

“Hanya Yudhistira yg memiliki kesempurnaan diantara saudara- saudaranya dan yang berhasil mendaki dan mencapai puncak Gunung Himalaya, Yudhistira dalam kesehariannya sangat berpegang teguh dengan kebenaran dan kebijaksanaan, sangat sabar selama jadi raja dia terus menegakkan kebenaran dan menjalan hukum yg baik terhadap rakyatnya, menjalankan hukum sesuai kesalahan dengan bijak serta penyabar dan penuh kontrol terhadap emosi”, ujar orang nomor 1 dijajaran Satpom Lanud Rsn.

Kemudian, Letkol Pom I Gede Eka Santika kembali mengatakan, menjadi sosok yg sangat ideal yg arief dan bijaksana, dimana Raja Dharmawangsa sebagai raja Astina setelah perang Mahabharata, yang selanjutnya dalam pemerintahannya senantiasa berpegang teguh pada kebenaran dalam menegakkan hukum.

“Oleh karena itu prajurit Pomau sebagai penegak hukum disiplin dan tata tertib harapannya dapat mengadop atau meniru kepemimpinan Dharma Wangsa dimana kebenaran yg utama dalam menjalankan hukum”,jelasnya.

Turut hadir, para pejabat Satpom Lanud Rsn beserta jajarannya.

Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.