Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Danlanud Rsn; TUM TNI Tingkatkan  Disiplin Naluri Keprajuritan

Bagikan via:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Sebagai prajurit TNI AU yang kesatria, militan, loyal dan profesional harus mampu melaksanakan tugas secara optimal dan berkarakter, oleh karena itu Tata Upacara Militer (TUM) harus dipedomani karena dapat meningkatkan disiplin naluri keprajuritan.

Demikian yang dikatakan oleh Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro, S.E., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadispers Lanud Rsn Kolonel Adm Fauzan Zuhdi, pada acara sosialisasi Tata Upacara Militer (TUM) dari Disbinkemilsik Diswatersau   tentang Perpang TNI Nomor 46 Tahun 2020  tanggal 20 Desember 2020, tempat di Balai Rajurit Eddy Harjoko Lanud Roesmin Nurjadin, Rabu (28/10/21).

Marsma TNI Andi Kustoro, S.E., dalam pelaksanaan upacara yang serat dengan aturan , TUM adalah kuncinya dan ini wajib diketahui oleh seluruh prajurit TNI dengan harapan dapat melaksanakan tugasnya dengan optimal.

“Sosialisasi TUM ini tentu banyak manfaatnya, terutama dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan wawasan baik bersifat teknis, teori, dan praktek dilapangan sehingga semua aturan yang mengikat  bisa dipertanggung jawabkan”,kata Danlanud.

Danlanud Rsn menjelaskan, pada hakekatnya Tata Upacara Militer TNI mempunyai ciri khas yang membedakan dengan negara dan bangsa lain, inilah salah satu cermin dan nilai-nilai budaya dan peradaban bangsa, khususnya bagi  Tentara Nasional Indonesia.

“Tata Upacara Militer TNI (TUM) perlu dilatihkan secara periodik karena dalam gerakan baik secara perorangan maupun kelompok dapat menunjukan sikap, disiplin, taat dan patuh terhadap perintah pelatihnya, ataupun atasan maupun yang memimpin didepan”,ujarnya.

Danlanud Rsn Marsma TNI Andi Kustoro, S.E. menegaskan, oleh karena itu pada kesempatan yang baik dan bermanfaat ini, agar para peserta sosialisasi untuk dapat dimengerti, dipahami sesuai dengan petunjuk Tata Upacara Militer (TUM) berdasarkan Perpang TNI Nomor 46 tahun 2020, tanggal 20 Desember 2020, akan menjadi acuan untuk pelaksanaannya pada upacara  di Panud Roesmin Nurjadin maupun upacara gabungan TNI di wilayah Pekanbaru, maupun daerah lainya. Dengan adanya pedoman yang dibuat oleh Mabes TNI segala aturan yang menyangkut tata upacara militer semua diperlakukan dengan sama.

“Oleh karena itu kepada seluruh peserta sosialisasi, agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, cermati dan pahami serta kuasai penjelasan yang diberikan, kemudian apabila ada hal-hal yang kurang jelas atau kurang paham jangan ragu untuk bertanya gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya”,ungkapnya.

Sementara, Kasi Binkemil Subdisbin Kemilsik Letkol Kes H.Arif Mahyuza Ch., S.Pd memaparkan, bahwa upacara adalah rangkaian kegiatan yang diikuti sejumlah personel sebagai pasukan upacara bersenjata atau tidak bersenjata, disusun dalam barisan di suatu lapangan atau ruangan denga bentuk segaris atau bentuk “U” diimpin oleh seorang Irup dan setiap kegiatan personel pasukan upacara melakukan ketentuan-ketentuan yang baku melalui perintah seorang  Danup, dimana seluruh kegiatan tersebut direncanakan oleh Paup.

“Upacara dilaksanakan pada, peringatan hari besar nasional, peringatan hari jadi satuan TNI, serahterima jabatan staf komando, pelantikan dan penyumpahan”,jelasnya.

Letkol Kes H.Arif Mahyuza mengatakan, dengan kegiatan sosialisasi TUM TNI, tujuanya adalah untuk menyamakan warna dan keseragaman seluruh jajaran TNI, baik AD, AL maupun AU.

Nampak hadir Kasi Binjas Letkol Kes Yulfiendri Yunus, S.Pdi., beserta anggotanya dan perwakilan tiap-tiap Satuan.