Komunikasi Sosial (Komsos) Kedirgantaraan merupakan kegiatan komunikasi antara TNI dengan masyarakat, pemerintah, KBT-TNI/TNI AU dan komponen Bangsa lainnya sehingga dapat membangun kedekatan dalam rangka mengajak masyarakat akan pentingnya berwawasan kebangsaan, menumbuhkan kesadaran mencintai tanah air dan udara Indonesia serta bermanfaat untuk kepentingan pertahanan negara dari aspek kedirgantaraan.

Demikian yang dikatakan oleh Irkoopsau I ( pejabat lama Paban IV Komsosdirga Spotdirgaau) Marsma TNI Dedy Ghazi Elsyaf, M.Si saat memberikan pengarahan pada kegiatan Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Komsosdirga kepada personel Binpotdirga dan Penerangan Lanud RSN bertempat di Ruang Arjuna Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau. Kamis, (02/09/21).

Marsma TNI Dedy Ghazi Elsyaf, M.Si., mengatakan bahwa,peningkatan potensi kedirgantaraan menjadi salah satu perhatian pimpinan dalam mempertahankan keutuhan Negara, dimana secara bersamaan ditingkatkan juga potensi kemaritiman bagi TNI Angkatan Laut dan potensi teritorial bagi TNI Angkatan Darat.

“Semuanya harus bersinergi dalam menjaga pertahanan, keamanan wilayah Indonesia baik di darat, laut dan udara guna menghadapi perang asimetris yang melanda Indonesia”,paparnya

Lebih lanjut, dia menjelaskan, bahwa tidak kalah pentingnya selalu menjaga Komsosdirga dengan keluarga besar TNI/TNI AU diantaranya, Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (PEPABRI), Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Perhimpunan Purnawirawan Angkatan Udara (PPAU), Forum Komunikasi Putra putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI), Persatuan Istri Purnawirawan (PERIP) dan Warakawuri

“Khusus untuk Warakawuri sampai saat ini belum memiliki wadah organisasi yang resmi sehingga dalam berkegiatan masih bergabung dengan organisasi PIA AG, PERIP dan hanya dilibatkan dalam kegiatan seremonial saja. Sementara yang sudah tercatat diwilayah Jakarta sebanyak 117 orang. Untuk itu perlu pendataan kembali di masing-masing wilayah agar pembinaan dan kesejahteraan keluarganya dapat berjalan dengan maksimal”, pungkasnya.

Kegiatan Wasev Komsosdirga tersebut dihadiri oleh Pabandya Binkomsos Paban IV Spotdirgaau Letkol Adm Suryanto, Pgs. Kadispotdirga Letkol Kes Rotua Novita Sinaga, SKM, Kepala Penerangan Letkol Sus Zukri, S.Ag., dan anggota Binpotdirga maupun Penerangan Lanud RSN dengan diakhiri foto Bersama.

Setelah pelaksanaan foto bersama, Letkol Adm Suryanto memberikan materi kepada Pengurus Forum Komunikasi Putra-Putri Angkatan Udara (FKPPAU) Kota Pekanbaru , dilanjutkan dengan ramah tamah.