Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Pesawat Mendarat Darurat, TNI AU Kerahkan Heli SAR

Bagikan via:

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on whatsapp

TNI Angkatan Udara tepatnya di Lanud Roesmin Nurjadin kerahkan satu unit Heli SAR NAS 332 Super Puma/H.3311 dan tim rescue dari Yonko 462 Paskhas, untuk bantu Basarnas penyelamatan korban dari pesawat PT. A yang melakukan pendaratan darurat di air (Ditching), di Danau Buatan Bandar Kayangan Desa Limbungan Rumbai Kecamatan Rumbai-Pekanbaru, Jumat (27/8/21).

Hal ini merupakan bagian dari manuver lapangan latihan SAR dari tim rescue TNI AU, yang diskenariokan adanya pesawat milik PT. A yang sedang melaksanakan penerbangan rute dari PKU-Dumai mengalami gangguan pada sistim pesawat sehingga pilot memaksa pesawat untuk melakukan pendaratan darurat atau ditching.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama TNI Andi Kustoro, S.E., menerangkan, setelah menerima permintaan bantuan SAR dari Basarnas, memerintahkan Kadisops Lanud Roesmin Nurjadin untuk berkoordinasi dan segera mengerahkan Heli SAR TNI AU jenis Superpuma dan Tim Rescue dari Yonko 462 Paskhas untuk melaksanakan Operasi Pencarian dan Pertolongan korban (SAR). Kemudian Heli berikut Tim Rescue TNI AU segera bergerak cepat mencari lokasi jatuhnya pesawat sesuai dengan koordinat yang diberikan.

“Setelah tiba di TKP Heli langsung melaksanakan rescue (penyelamatan) terhadap penumpang dengan menerjunkan Tim SAR menggunakan teknik free jump, kemudian korban diangkat atau di hoist ke Helikopter untuk di evakuasi menuju rumah sakit terdekat, tentunya RSAU dr. Sukirman Lanud Rsn untuk mendapatkan penanganan medis”,kata Danlanud.

Marsma TNI Andi Kustoro mengatakan, Latihan Search and Rescue (SAR) ini digelar guna meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AU dalam penanggulangan kondisi emergency akibat kecelakaan pesawat udara, baik pesawat militer maupun sipil. TNI AU harus selalu siap melaksanakan misi kapanpun dibutuhkan. Apalagi Tim SAR, kesiapan mereka sangat diharapkan untuk menyelamatkan nyawa korban.

Turut hadir menyaksikan, Kadisops Kolonel Pnb Adhi Safarul Akbar, Kasi Opslat Mayor Pnb Made Yogi, Wadanyonko 462 Paskhas Mayor Pas Sendra Istiana, serta personel pendukung lainya.

Kegaiatan berjalan dengan aman dan lancar.