Dalam rangka mendukung program pemeribtah, Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr.Sukirman Lanud Roesmin Nurjadin kembali menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19 tahap kedua secara massal, tempat di RSAU dr.Sukirman Lanud Rsn-Pekanbaru, Rabu (4/8/21).

Kepala RSAU dr. Sukirman mengatakan, bahwa vaksinasi ini, merupakan periode lanjutan dari vaksinasi tahap pertama.

“Pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini, merupakan hasil kerjasama dengan Dinas untuk menvaksin warganya agar terhindar dari Covid-19”,ungkap dr.Irwan Janu.

dr.Irwan Janu menyampaikan bahwa, proses vaksinasi massal covid-19 tahap kedua, merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah, untuk segera mempercepat program vaksinasi, sehingga pemerintah dapat segera mewujudkan herd immunity, dari yang diharapkan. Minimal sebanyak 70% dari total masyarakat Indonesia.

Lanjutnya, agar semua pihak yang menerima vaksinasi tahap kedua ini, tetap menjaga protokol kesehatan, dalam menjalani segala aktivitas kedepannya. Mengingat, perkembangan kasus covid-19 di Indonesia, masih belum terkendali secara penuh.

Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.Salah seorang penyuluh dari RSAU dr.Sukirman Lanud Rsn Kapten Kes dr. Adi Irawan mengatakan, bahwa pemerintah telah berupaya menerapkan beberapa Upaya untuk mencegah virus corona tersebut, yang sampai sekarang angka Positip masih tinggi Khususnya Pekanbaru RIAU, mulai dari memakai masker dengan ketat, memperkenalkan salam pengganti jabat tangan, saat menyapa , cuci tangan sesering mungkin, hingga tidak dibiasakan menggosok mata, dan hidung bahkan disiplin menjalankan prokes setiap saat, Himbauan Pemerintah untuk slalu menerapkan 3 M, 5M bahkan sampai 6 M, namun Covid-19 penularannya masih tinggi.

“Kemudian Salah satu bentuk pencegahan yaitu melakukan vaksinasi untuk upaya menurunkan kesakitan dan kematian serta mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd imunity)”,kata dr.Adi.

Kapten Kes dr. Adi Irawan menjelaskan, selain itu juga untuk melindungi dan memperkuat sistem kesehatan tubuh.
Bentuk preventif tersebut adalah pencegahan paling mudah dilakukan, tentunya harus didukung dengan pola hidup sehat, olaharaga rutin tidur dan makan yang teratur, guna meningkatkan daya tahan tubuh, apabila daya tahan tubuh lemah maka disitulah virus sangat mudah masuk kedalam tubuh.