Serbuan Vaksin di Bandara Sutan Syarif Kasim II (SSK II) setiap harinya disiapkan untuk 100 penumpang yang digelar oleh vaksinator Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) SSK II di ruang keberangkatan bandara SSK II Pekanbaru, Minggu (1/8/21).

Kepala Babinpotdirga Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Kes R Novita Sinaga,SKM., mengatakan, berkaitan dengan serbuan vaksin, bagi penumpang Bandara SSK II tidak perlu dicemaskan lagi karena tidak tersedianya vaksin, vaksinator KKP tiap harinya menyiapkan vaksin untuk 100 penumpang.

“Kecemasan tersebut terjadi karena adanya pertanyaan dari keluarga penumpang yang menanyakan, apakah dalam Minggu ini ada vaksinasi di Bandara SSK II atau sekitarnya…?, karena ada orang Bangko yang mau terbang ke Jakarta”,ungkap Letkol Kes Novita Sinaga, sebagai Prajurit Wanita TNI Angkatan Udara yang bertugas di Lanud Rsn.

Lebih lanjut Novita menjelaskan, serbuan vaksinasi yang dilaksanakan di wilayah Lanud Rsn, dalam hal ini Bandara SSK II sangat membantu calon penumpang pesawat yang kesulitan mendapatkan vaksinasi belakangan ini, hal ini untuk menjawab pertanyaan masyarakat yang belum tahu bahwa adanya fasilitas dan serbuan vaksin yang dilaksanakan setiap harinya di Bandara SSK II.

Agar vaksinasi berjalan dengan tertib, sesuai perintah pimpinan Novita Sinaga memerintahkan kepada Bintara Pembinaan Potensi Kedirgantaraan (Babinpotdirga) secara bergantian dalam bertugas setiap harinya, agar selalu mendampingi Vaksinator KKP dan mengarahkan penumpang dengan cara persuasif, agar vaksinasi berjalan dengan tetap memperhatikan prokes dan tertib, terutama disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Menurut laporan dari Babinpotdirga, dari target 100 vaksin yang disediakan, hampir semuanya terlaksana, supaya penumpang tidak ada yang merasa cemas, bahkan mereka merasa senang dengan adanya vaksinasi di Bandara SSK II, sehingga tidak perlu lagi sibuk mencari vaksin di luar”,kata Novita.

Letkol Kes Novita Sinaga menjelaskan, selama babinpotdirga Lanud Rsn bertugas mendampingi Vaksinator di Bandara SSK II, tidak ada laporan bahwa calon penumpang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19.

Pelaksanaan serbuan vaksin berjalan dengan aman dan lancar.