Bagi prajurit dan PNS TNI Angkatan Udara, esensi dari peringatan ini adalah mengajarkan kerelaan untuk berkorban, menjadi teladan sekaligus pelopor untuk meringankan beban dan kesulitan rakyat di sekeliling kita. “Inilah makna sesungguhnya dari Hari Bakti TNI Angkatan Udara”. Demikian yang dikatakan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., dalam sambutanya pada peringatan ke-74 Hari Bakti TNI Angkatan Udara yang dilaksanakan secara virtual, di Denma Mabesau Jakarta, Kamis (29/7/21).

Nampak dilayar kaca hadir para pejabat di Jajaran Mabesau sedangkan di Lanud Rsn Turut hadir, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro, S.E., Danwing 6 Kolonel Pnb Jajang Setiawan,S.M.,M.Han., Kadislog Kolonel Pnb Adhi Safarul Akbar, Kadispers Kolonel Adm Fauzan Zuhdi, dan Kadislog Kolonel Tek Dwi Wihananto, tempat di Ruops Lanud Rsn, sedangkan pejabat lainya turut menyaksikan di Rupat Tambusai Mako Lanud Rsn dan seluruh anggota menyaksikan di kantor masing-masing.

Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan, selaku Kepala Staf Angkatan Udara, saya mengucapkan terima
kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada seluruh prajurit dan PNS TNI AU, atas perjuangan yang telah darmabaktikan, tanpa mengenal lelah, kepada bangsa dan negara Indonesia.
“Sebagai insan dirgantara, sangat penting untuk terus mengenang peristiwa heroik ini, untuk menumbuhkan semangat pengabdian para generasi penerus, dalam perjuangan yang berkelanjutan, guna memberikan perlindungan dan menjamin keselamatan segenap tumpah darah Indonesia”,kata Kasau.
Orang nomor satu di jajaran TNI AU kembali mengutarakan, mengingat pandemi Covid-19 masih melanda tanah air dan memberikan dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan bangsa Indonesia. Secara khusus, dalam kurun waktu sebulan terakhir, wabah pandemi di Indonesia telah mencatat kasus tertinggi, guna memutus penyebaran wabah ini, maka upacara Hari Bakti TNI AU tahun ini kembali dilaksanakan secara sederhana.

Lebih lanjut Kasau mengatakan, sebagai esensi peringatan bakti, berupa pengabdian tanpa batas dari segenap keluarga besar TNI AU, harus dapat terwujud, TNI AU akan memberikan upaya terbaik, guna membantu pemerintah dalam mempercepat penganggulangan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi Nasional.

“Berbagai upaya yang dilaksanakan oleh TNI AU seperti, pengerahan bantuan ribuan tenaga kesehatan dan personel TNI AU, pelaksanaan vaksinasi reguler dan serbuan vaksin untuk ratusan ribu warga, bantua pengisian ribuan tabung oksigen untuk puluhan rumah sakit, pendayagunaan rumah sakit TNI AU, percepatan distribusi alat kesehatan dan obat-obatan keseluruh penjuru negeri dan kegiatan karya bakti di Provinsi Aceh serta kegiatan lainya”,ujar Fadjar Prasetyo.