Untuk meningkatkan kualitas koperasi diharapkan unsur badan usaha seperti, pengurus dan pengawas, dapat mengoptimalkan tugas, fungsi dan peranannya masing-masing, misalnya pemeriksaan atas pengelolaan koperasi dapat berjalan secara teratur dan sesuai peraturan perundangan yang berlaku, juga sesuai dengan AD/RT Koperasi. Oleh karena itu harus berperan lebuh aktif sebagai pelaku dan tangguh dalam menghadapi persaingan dunia usaha yang semakin ketat. Bagi pengurus koperasi harus lebih banyak lagi berinovasi, agar koperasi bisa menjadi barometer dalam pengelolaan yang profesional, transparan dan akuntabel.

Demikian yang dikatakan oleh Kamandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro dalam sambutannya pada acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Puskopau Lanud Roesmin Nurjadin, tempat di ruang rapat Mako Lanud Rsn, Jumat (16/7/21).

Lebih lanjut Andi Kustoro mengatakan, RAT bagi koperasi merupakan kekuasaan tertinggi yang ditata dalam kehidupan koperasi, disini para anggota dapat berbicara, memberikan usul dan pertimbangan, menyetujui suatu usul atau menolaknya, serta memberikan himbauan atau masukan yang berkenaan untuk kemajuan koperasi untuk terwujudnya kesejahteraan anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya, tentunya kerjasama yang baik antar pengurus, pengawas dan para anggota. Kepada pengurus agar mampu meningkatkan pengetahuan, dedikasi, jujur dan luwes, sehingga mampu menampung inspirasi dan pemikiran dari anggota untuk kemajuan Koperasi itu sendiri.

“Namun dimasa pandemi Covid-19 ini, telah berdampak pada semua lini kehidupan termasuk koperasi itu sendiri, sehingga gerak-gerik sangat terbatas, namun semangat koperasi tidak boleh kendor, para pengurus dan anggota harus bekerja keras, mencurahkan segala tenaga dan fikiran, agar mampu melakukan tindakan afirmatif untuk memecah kebekuan dan menjawab tantangan di masa pandemi covid-19 ini”, ujar Andi.

Dan begitu juga apa yang dikatakan Pengawas Koperasi Ahli Madya dari Dinas Koperasi Kota Pekanbaru
Ir. Rizwandi, M.Eng., Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan cermin dari Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan sebuah koperasi, Esensi dari pelaksaan RAT sesungguhnya adalah pengakuan terhadap rapat anggota selaku pemegang kedaulatan yang lazim disebut sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi.

“Koperasi adalah perkumpulan otonom yang mewadahi kerjasama antar anggota secara sukarela. Oleh karena itu kebersamaan yang terimplementasi dalam bentuk kerjasama anggota dalam kedudukannya sebagai Pemilik Kendali dan Penguna Jasa Koperasi, menjadi hal yang mutlak”,kata Ir.Rizwandi.

Nampak hadir, Komandan Skadud 12 Letkol Pnb Putut Hanggiro, Kapuskopau Mayor Pnb Made Yoga Indra Prabowo, Kasi Pasint Mayor Sus Benny Sulaimain dan Kepala Premier Koperasi masing-masing satuan.