Dalam rangka mencegah Covid-19, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro mengajak warga Lanud Roesmin Nurjadin maupun masyarakat sekitarnya untuk tetap disiplin dalam mengunakan 5M, Sabtu (5/6/21).

Marsma TNI Andi Kustoro mengatakan, sampai sekarang belum ada obat yang ampuh untuk mencegah penyebaran Virus Corona, pemerintah pusat maupun daerah melaui dinas kesehatan telah bejibaku untuk mencarikan solusinya agar virus terebut cepat berakhir, salah satu cara yang paling ampuh adalah disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan tetap mengunakan 5M.

“5M tersebut adalah, Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Membatasi Mobilisasi dan Interaksi. Insyaallah apabila dijalankan 5M ini, minimal dapat memutus penyebaran Covid-19”,kata Andi.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, personel yang terkait seperti Satpom agar gencar melakukan razia dan apabila ditemukan ada pelanggaran terhadap Prokes maka diberikan sangsi atau peringatan agar warga Lanud Rsn dan Warga sekitarnya menyadari sepenuhnya manfaat dari 5M tersebut.

“Dan begitu juga peran aktif dari Bintara Pembina Potensi Kedirgantaraan (Babinpotdirga) harus sering melakukan patroli untuk menghimbau dan mengajak masyarakat, agar dimasa Covid-19 tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan”,ujar Andi Kustoro.

Andi Kustoro menjelaskan, perlu diketahui bersama, Kota Pekanbaru saat ini masuk zona merah Covid-19. Potensi penularan Covid-19 terbilang cukup tinggi. Kita lihat, ini akibat masih banyak masyarakat yang tidak mengindahkan protokol kesehatan bahkan melanggarnya , kesadaran masyarakat dalam menjalankan 5M masih sanganlah jauh, disana sini masih ada yang tidak menggunakan masker dalam beraktifitas, saya berharap khususnya bagi personel Lanud Rsn agar tetap disiplin menjalankan 5M jangan sampai ada yang melanggar, kesadaran menjalankan Prokes harus diawali dari kita, agar dapat dicontoh oleh masyarakat lainya, kalau tidak dari kita lalu dari siapa lagi.

“Salah satu pencegahan yang paling ampuh saat ini adalah menjalankan 5M tersebut, agar bisa melindungi diri, keluarga dan negeri yang kita cintai, dan mari kita berdoa kepada Allah SWT, agar Covid-19 serta wabah dan musibah lainya berakhir di negeri yang kita cintai ini, agar masyarakat Indonesia dapat beraktifitas seperti sediakala dan ekonomi pulih kembali.

“Sebagai antisipasi pencegahan Covid-19, Lanud Rsn telah memasang beberapa spanduk tentang ajakan menggunakan 5M, mensosialisasikannya di masyarakat dan ditempat keramaian dengan menggunakan para motor dan suara pengeras, hal ini dilakukan untuk membantu pemerintah daerah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19”,papar orang no.1 di jajaran Lanud Rsn.