Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka,S.T., M.M., hadiri peresmian Mako Polda dan SPN Polda, yang diresmikan oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy secara virtual, tempat di Mako Polda baru Jalan Patimura Pekanbaru, Jumat (18/12/2020).
Turut hadir tiga mantan Kapolda Riau, Brigjen Pol (Purn) Dedi S Komarudin, Irjen (Purn) Zulkarnain Adinegara dan Irjen (Purn) Nandang, serta Forkopimda lainya.

“Hari ini kita peresmian gedung Mapolda Riau, gedung Sekolah Polisi Negara (SPN) serta Masjid Al-Adzim Polda Riau. Gedung Polda Riau berdiri di lahan seluas 5,9 hektare,” terang Kapolda Riau, Irjen Agung dalam sambutannya.
Agung mengungkapkan, gedung Polda Riau pertama kali diresmikan di Jalan Jenderal Sudirman pada tahun 1959. Gedung lama itu berdiri di atas lahan seluas 0,7 Ha.
Melihat kondisi gedung yang tak lagi bisa dikembangkan lagi, maka dimatangkanlah rencana pemindahan gedung. Agung mengatakan, lewat proses panjang, gedung yang tepat berada di depan Kantor Gubernur Riau itu mulai dibangun pada awal 2018 lalu.
“Pada tahun 1980 itu sudah direncanakan untuk dipindah. Lewat pembahasan yang cukup panjang, 2 April 2018 dilakukanlah peletakan batu pertama,” kata Agung.
Dia menuturkan, gedung 5 lantai itu berdiri di lahan eks SPN Polda Riau seluas 5,9 Ha. Pembangunan dianggarkan Dinas PUPR Riau senilai Rp 172 miliar lebih.
Selanjutnya SPN dipindahkan ke Tambang, Kampar dengan luas lahan 28 Ha. Setelah pembangunan selesai, gedung diresmikan hari ini oleh Wakapolri, Komjen Gatot Eddy secara virtual.
“Untuk memberikan pelayanan lebih baik, maka kita merencanakan pembangunan gedung Mapolda Riau. Ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak,” kata Agung.

Hingga saat ini, peresmian gedung masih terus berlangsung. Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz yang seharusnya meresmikan gedung digantikan Komjen Gatot.