Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka,S T , M.M., menjelaskan, bahwa setiap tahun umat Kristiani merayakan Natal, perayaan Natal didahului dengan persiapan yaitu Masa Advent yang merupakan masa persiapan kedatangan Kristus. Bagi banyak orang, lebih dari pada itu, hal yang terpenting dilakukan oleh umat Kristiani Lanud Rsn adalah persiapan rohani untuk menyambut Kristus.

“Sehingga kita yang merayakan akan semakin menghargai apa yang biasa kita lakukan, apabila diimplementasikan dalam melaksanakan tugas akan dapat memperkokoh iman, kepedulian dan solidaritas prajurit dan PNS,”,ujar Ronny Moningka seusai mengikuti Ibadah Minggu Advent 1 di Gereja POUK Eben Haezer Lanud Rsn.

Kemudian tepat pula kiranya apa yang disampaikan dalam kotbah Pendeta Lasma Rohani dengan mengambil Nats Firman Tuhan pada ibadah Minggu Advent 1 dari Mazmur 24:7-10
Dengan Topik kotbah : “Nubuat tentang kedatangan Raja Kemuliaan”. Renungan dalam minggu Adven 1 sesuai dengan nats Firman Tuhan yaitu:
1. Angkatlah kepala (ayat 7,9a) Angkatlah kepala merupakan seruan yang diucapkan sebanyak 2 kali. Mengangkat kepala merupakan simbol sukacita kemenangan. Bagaimana bangsa Israel yang dikuasai oleh filistin, sehingga mereka tertunduk dengan kepedihan. Namun ketika raja kemuliaan datang, mereka mengangkat kepalanya. Yaitu tanda kemenangan dan bersukacita.
Hendaklah juga kita bersukacita dalam menyambut Raja kemuliaan.

“Selanjutnya yang kedua, Terangkatlah pintu (ayat 7,9b) Terangkatlah pintu merupakan seruan yang kedua yang diucapkan di dalam ayat 7 dan 9. Angkatlah pintu adalah simbol kesiapan hati untuk menyambut raja. Karena itu mari kita persiapkan hati dan membuka pintu hati kita. Jika ada hal-hal yang menghalangi Raja kemuliaan untuk masuk ke dalam hati, seperti keegoisan, kesombongan, dendam, dll. Hendaklah itu kita angkat. Dan bukalah hati selebar-lebarnya untuk menyambut sang raja kemuliaan”,ujar Pendeta.

Pdt Lasma Rohani Tambunan menambahkan, ketiga, Raja kemuliaan adalah Yesus Kristus.
Ada dua pernyataan yang disampaikan oleh Pemazmur, yang pertama Tuhan jaya dan perkasa, perkasa dalam peperangan, dan Tuhan semesta alam. Pernyataan itu merujuk kepada Tuhan Yesus Kristus, karena Yesus jaya dan perkasa, menang dalam peperangan melawan iblis dan maut.

“Dalam menyambut kedatangan Raja kemuliaan, marilah kita angkat kepala (simbol sukacita kemenangan), terangkatlah pintu (simbol kesiapan hati untuk menyambut raja), dan Raja kemulian itu yaitu Tuhan Yesus Kristus, Raja diatas segala raja. (Yohanes 1:14)
Kegiatan ibadah tetap melaksanakan protokol kesehatan (3M) dengan, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Umat Kristiani Lanud Rsn dan jemaat yg hadir ikuti ibadah dengan penuh sukacita.