Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M. yang diwakili Kepala Dinas Logistik (Kadislog) Kolonel Tek Dwi Wihananto,S E. menghadiri acara pencanangan kesatuan gerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Bangga Kencana Kesehatan Provinsi Riau Tahun 2020, bertempat di Gedung Daerah Balai Serindit, Selasa (17/11/2020).

Turut Hadir dalam acara tersebut Perwakilan Forkopimda Provinsi Riau, anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau Ade Hartati, TP PKK Provinsi Riau Misnarni Syamsuar, Wakil Ketua 1 TP PKK Provinsi Riau Suti Mulyati Edy Natar, Perwakilan Ketua BKKBN Provinsi Riau Mardalena Wati Yulia, dan Instansi terkait.

Gubernur Riau Syamsuar pada sambutannya, menyampaikan pencanangan ini merupakan momentum yang sangat strategis dalam meningkatkan pencapaian program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana atau bangga kencana kesehatan dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga di provinsi Riau.

“Jika kita mencermati program bangga kencana ini dapat mendukung dan diselaraskan dengan visi dan misi pemerintah daerah, Dimana visi misi Pemerintah Daerah Provinsi Riau ini yaitu mewujudkan masyarakat yang sejahtera, untuk itu Gubri menuturkan harus seimbang antara pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi”, lanjutnya.

Gubri mengatakan berdasarkan hasil survei demografi dan kesehatan Indonesia Tahun 2017 total fertility rate atau angka kelahiran total di provinsi Riau di angka 2,9 artinya rata-rata pasangan usia subur di provinsi Riau memiliki anak tiga orang.

“Hal ini lebih tinggi dari angka kelahiran total secara nasional pada angka 2,4 untuk pengendalian kelahiran masih menjadi perhatian kita,” ucapnya.

Untuk itu, Syamsuar berharap pada bulan Desember 2020 melalui gerakan PKK Bangga Kencana Kesehatan Provinsi Riau dapat mempercepat pencapaian target yang telah ditetapkan serta membantu pemerintah dalam mengendalikan jumlah penduduk di masing-masing kabupaten kota Provinsi Riau.

Untuk mendukung program gerakan PKK bangga kencana tersebut juga dilakukan pelantikan Perkumpulan Kepala Dinas OPD KB (Perkadis) Kabupaten Kota se – Provinsi Riau oleh Gubernur Riau.