Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka,S.T., M.M. berikan penghargaan kepada personel BKO TNI AU dan Petugas Avsek Sutan Syarif Kasyim II Pekanbaru, atas usahanya menggagalkan penyeludupan Narkoba lewat Kargo Bandara SSK II, tempat di Ruang Loby Mako Lanud Roesmin Nurjadin, Jumat (18/9/2020).

Bandara SSK II sebagai pintu gerbang masuknya barang-barang dan orang, keberadaannya sangatlah penting sebagai transfortasi udara, namun kehadiranya juga dimanfaatkan untuk tujuan hal yang tidak baik, seperti peredaran narkoba oleh bandar Narkoba.

“Hal ini akan dapat menghambat pembangunan sumber daya manusia, oleh karena itu narkoba sebagai ancaman yang sangat serius dan berbahaya bagi generasi penerus bangsa ini,”kata Ronny.

Ronny Moningka menjelaskan, langkah-langkah yang telah dilakukan oleh pihak Petugas Avsek SSK II dan BKO Lanud Roesmin Nurjadin atas pencegahan peredaran narkoba melalui jalur udara tepatlah kiranya, dengan komitmen dan sinergitas bersama, diharapkan dapat menciptakan transportasi udara yang selamat, aman dan nyaman dari peredaran Narkoba.

Ditempat yang sama EGM Bandara SSK II Pekanbaru, Yogi Prastyo Suwandi mengatakan, pada intinya kami dari manajemen Angkasa Pura mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman TNI AU dari Lanud Roesmin Nurjadin yang ikut berperan dalam menjaga dan mengamankan bandara SSK II Pekanbaru.

“Sinergitas ini akan selalu dibangun antara Bandara SSK II dan Lanud Rsn, dalam rangka meningkatkan keamanan bandara agar terbebas dari penyeludupan narkoba baik dalam pengiriman ke daerah lain maupun kedatangan,”kata Yogi.

Kemudian dalam pembacaan uraian singkat bahwa, tanggal 19 Juni, 27 Juni dan 30 Juni 2020 telah ditemukan sebanyak 2.924 butir pil ekstasi dan 3.300 gram ganja kering di Security Check Point Kargo Bandara Suitan Syarif Kasim Il Pekanbaru, tanggal 25 Juli 2020, tempat kejadian di Security Check Point sebelum ruang tunggu keberangkatan domestik, ditemukan sebanyak 763 gram sabu-sabu dan pada tanggal 14 September 2020, kembali ditemukan sabu-sabu sebanyak 159 gram di Security Check Point Kargo Bandara Sultan Syarif Kasim lI Pekanbaru.

Kegiatan diawali dengan lagu Indonesia Raya, penyerahan piagam dan cenderamata, menyanyikan lagu bagimu negeri dan ditutup dengan doa.

Nampak hadir, Danwing 6 Lanud RSN, Kolonel Pnb Setiawan, Kadisops Lanud Rsn Kolonel Pnb Dedy Supryanto, S.M, Kadislog Lanud Rsn, Kolonel Tek Dwi Wihananto,S.E., Dansatpom Lanud RSN, Letkol Pom I Wayan Swardita, Kaintel Lanud RSN, Letkol Sus Ali Isnen Pasaribu, sedangkan pihak bandara SSK II, Manager Operasi AP II Bandara SSK II Imran Chandra, Asistent Manager Of Airport Security Setia Sutanto,Chief Of Airport Budiman, dan Kepala Cargo Bandara SSK lI Suparman.