Pangkalan TNI Angkatan Udara Roesmin Nurjadin gelar doa bersama atas musibah yang menimpa jatuhnya pesawat Hawk 200, Tail Number 0209 dari Skadud 12 Wing 6 Lanud Rsn, bertempat di Ruang Pandawa Lanud Roesmin Nurjadin, Selasa (16/6/2020).

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka S.T.,M.M., dalam sambutannya mengatakan, atas terjadinya accident pesawat Hawk 200, saya yakin ini merupakan ujian dari Tuhan Yang Maha Kuasa, kita harus sabar menerima cobaan ini, kita tidak tahu tujuan dibalik ini mungkin Tuhan memiliki maksud tertentu, oleh karena itu mari kita refleksi diri, mohon pertolongan dan perlindungan agar musibah terjadinya accident pesawat tidak terulang kembali.

“Dan kita bermohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar dalam melaksanakan tugas kedepannya dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan bersama, dan dalam melaksanakan aktifitas mendapat rido dari-Nya,”ujar Ronny.

Ronny Moningka menjelaskan, dengan kejadian ini hendaknya jangan larut dari kesedihan, kita harus bangkit bangun semangat dan kebersamaan serya dedikasi yang tinggi agar kedepanya dalam melaksanakan tugas lebih profesional lagi.

“Selama ini kita telah menunjukan kesatria, loyal, militan dan profesional sebagai pengawal dirgantara, namun Tuhan berkendak kita diberikan ujian dan cobaan dengan jatuhnya pesawat yang kita banggakan ini, yang terpenting dalam hidup ini kita harus optimis bahwa dibalik kesulitan ada kemudahan,”ucap Ronny.

Marsma TNI Ronny Moningka mengatakan, mari kita tundukan hati sejenak bermohon kepadanya, dalam melaksanakan tugas diberikan bimbingan dan perlindungan, agar terjauh dari musibah dan marabahaya, baik terhadap personel itu sendiri maupun terhadap alutsista yang dimiliki.

“Mari kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan agar dimata Tuhan kita menjadin insan yang lebih berkualitas lagi,”ujar Ronny Moningka.

Sedangkan di Masjid Amrullah anak-anak panti asuhan melaksanakan doa bersama untuk keselamatan TNI AU dalam melaksanakan tugas dan dilanjutkan penyerahan santunan.