Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka,S.T., M.M., Dampingi Gubernur Riau Drs.H. Syamsuar hadiri video conference bersama Presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo dalam acara tatap muka dengan tugas-tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Riau, bertempat di Balai Serindit Aula Gubernur Jln.Diponegoro Kota Pekanbaru, Rabu (10/6/2020).

Kepala BNPB Pusat Letjen TNI Doni Monardo dalam sambutannya mengatakan, terkait kebijakan nasional pemerintah telah mengeluarkan kebijakan PSBB di beberapa wilayah dalam penanganan Covid-19 dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah PP No. 21 tahun 2020 dan keputusan Perpres No. 11 tahun 2020, dengan begitu diharapkan dapat menekan adanya penyebaran Virus Covid-19.

“Kami mengharapkan agar pemerintah daerah dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam penangani penyebaran Virus Covid-19 dengan baik,”kata Doni.

Kemudian Kemenkes Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.dalam sambutannya mengatakan, tantangan dalam penanganan Covid-19 di Indonesia, ini merupakan virus baru yang sangat mudah menular, dapat bermutasi dan merupakan Pandemi Global selain itu kondisi goegrafis yang terdiri dari kepulauan dan jumlah populasi masyarakat yang sangat banyak.

“Selain Itu karakteristik dan kemampuan daerah yang beragam serta belum adanya instrumen untuk mendeteksi dinamika penyebaran Covid -19 dimasyarakat, terkait dengan penanganan pengolahan data kami telah melakukan alur percepatan dan upaya peningkatan kualitas pelaporan data terkait penambahan masyarakat yang terpapar penyakit Covid 19,”ujar dr.Terawan.

Selanjutnya Presiden RI Ir.Joko Widodo mengatakan, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan terhadap jajaran Gugus Tugas dari tingkat daerah terendah sampai kepusat enanganan Covid-19 ini, selain itu saya mengucapkan terima kasih juga kepada TNI-Polri yang sama-sama berjuang dalam penanganan Covid-19 yang ada di Indonesia.

“Saya mendapatkan laporan bahwa masih banyaknya masyarakat yang terpapar Covid-19, tetapi ada juga dibeberapa daerah masyarakatnya masih belum terpapar Covid-19, ini besar harapan agar daerah yang belum terpapar dapat mempertahankan wilayahnya dengan baik. Saya mengharapkan kita dapat beradaptasi dengan Covid-19 ini tetapi bukan berarti kita menyerah dalam penanganan Covid-19 ini, kita juga sudah sudah mendata wilayah yang memasuki Zona Merah, Zona Kuning dan Zona Hijau tentunya pemerintah daerah dapat menjadikan hal tersebut jadi acuan agar dapat memutuskan Rantai Penularan Covid 19 dengan tetap mementingkan Protokol kesehatan,” ujar Presiden RI.

Ir. Joko Widodo mengatakan, saya perintahkan kepada Panglima TNI dan Kapolri agar menempatkan pasukannya dibeberapa wilayah keramaian agar dapat menegakkan disiplin bagi masyarakat dalam mematuhi Protokol kesehatan seperti memakai masker saat melaksanakan kegiatan.

Presiden Ir.Joko Widodo berpesan, saya mengharapkan agar pemerintah daerah dapat mengevaluasi setiap harinya terkait penanganan Covid 19 dengan kata lain agar dapat menekan penyebaran Covid- 19.

Turut hadir, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si., Kabinda Riau Brigjen TNI Amino Setya Budi, Wakil Ketua DPRD H. Zukri, Wakil Kejati Riau Daru Tri Sadono, Kasiter Korem 031/WB Kol arm E. Dwi Karyono Agus Susanto, LO Gugus Covid-19 Riau Marsma TNI (Purn) Gandhara Olivenca, dan Perwakilan Menkes Provinsi Riau.