Dalam rangka peringatan HUT Dharma Pertiwi ke-53, PIA AG cabang 12/D.I Lanud Roesmin Nurjadin menggelar pemeriksaan IVA (Infeksi Visual Asam Asetat) dan Sadari di Rumah Sakit Lanud Rsn, Senin (6/3).

Menurut Karumkit Lanud Rsn Mayor Kes dr. Agung Supriyanto, M.Sc., Sp.A., pemeriksaan IVA dan Sadari adalah pemeriksaan dini untuk kanker serviks dan juga kanker payudara.

“Pemeriksaan ini sendiri dilakukan oleh tenaga medis dan paramedis agar lebih akurat, kemudian diharapkan nantinya para istri dapat mengetahui lebih dini kemungkinan ada atau tidaknya penyakit ini , sehingga dapat diatasi ataupun terhindar dari kedua penyakit tersebut”, tambah Karumkit.

Sementara itu, Ketua PIA AG cabang 12/D.I Lanud Rsn Ny. Santi Henri Alfiandi menyampaikan dengan adanya kegiatan seperti ini akan memberikan manfaat kepada para anggota PIA AG Lanud Rsn.

“Kedua pemeriksaan ini merupakan langkah untuk dapat mendeteksi secara dini penyakit kanker payudara dan kanker serviks, sehingga akan lebih baik apabila kita melakukannya secara rutin”, lanjutnya.