Bertempat di Posko Satgas Karhutla Provinsi Riau, Danlanud Rsn Marsma TNI Henri Alfiandi mengikuti Brifing Harian Satgas yang dihadiri oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Y.B Satya Sananugraha, Deputi I BNPB, Deputi VII Kemenko PMK serta seluruh unsur yang terkait dalam Satgas, Minggu (11/9).

Dalam brifing yang dipimpin oleh Kalaksa BPBD Riau Edwar Sanger ini setiap unsur di dalam Satgas menyampaikan laporan mengenai upaya-upaya yang telah dan akan dilakukan guna mencegah Karhutla.

Pada kesempatan ini Sesmenko PMK menyampaikan apresiasinya atas koordinasi yang baik di dalam Satgas Karhutla provinsi Riau guna mengoptimalkan upaya-upaya yang diperlukan dalam mengatasi Karhutla di Riau.

“Apa yang telah dilakukan oleh Satgas Karhutla Riau ini tentu dapat dijadikan contoh bagi daerah lain yang mungkin mengalami kondisi serupa”, lanjutnya.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Riau mengatakan bahwa apa yang telah dicapai oleh Satgas Karhutla di Riau juga berkat doa serta support yang diberikan oleh pemerintah pusat sehingga seluruh Satgas tetap bersemangat dalam menjalankan tugasnya untuk mencapai Riau Bebas Asap.

Senada dengan Kalaksa, Danlanud Rsn juga menyampaikan bahwa seluruh unsur yang terdapat di dalam Satgas selalu bekerja secara terpadu dengan sinergi, koordinasi serta kerja sama yang baik, karena semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu menjalankan amanat pemerintah untuk mencegah serta mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Riau.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kasrem 031/WB Kolonel Czi I Nyoman Parwata, perwakilan Polda Riau, Ka BMKG Riau, unsur Manggala Agni, staf BPPT, Masyarakat Peduli Api, Satgas Kesehatan dan unsur lain yang terkait.