“Practice makes perfect”, dengan banyak berlatih tentu kemampuan akan semakin meningkat. Itulah yang dilakukan oleh para penerbang Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin yang melaksanakan latihan terbang malam mulai Senin (8/8).

Danskadron Udara 12 Letkol Pnb Dedy Supriyanto menyampaikan bahwa latihan terbang malam ini merupakan latihan rutin yang dilaksanakan secara periodik oleh seluruh penerbang Skadron Udara 12.

“Rencananya latihan yang diikuti oleh seluruh personel Skadron Udara 12, baik itu penerbang ataupun ground crew ini akan berlangsung mulai tanggal 8 hingga 11 Agustus nanti dengan area latihan di sekitar wilayah Lanud Roesmin Nurjadin”, tambahnya.

Sementara itu Danlanud Rsn Marsma TNI Henri Alfiandi mengatakan bahwa kesiapsiagaan operasi harus tetap terjaga, oleh karena itu latihan ini dilaksanakan agar para penerbang di Skadron Udara 12 dapat semakin meningkat kemampuan dan keahlian terbangnya.

“Ini dikarenakan Lanud Rsn merupakan pangkalan operasi, sehingga satuan di dalamnya baik itu Skadron Udara 12 ataupun 16 harus selalu siap untuk melakukan berbagai misi operasi udara, dalam mengantisipasi kemungkinan akan terjadinya gangguan, ancaman serta pelanggaran wilayah udara Indonesia oleh pihak lain yang dapat terjadi kapan saja baik siang maupun malam hari”,  lanjutnya.

Tak lupa Danlanud juga menekankan kepada seluruh personel Skadron Udara 12 yang terlibat dalam latihan ini untuk selalu mengedepankan dan mengutamakan faktor safety atau keselamatan terbang serta keamanan, agar seluruh rangkaian latihan dapat terlaksana dengan aman, lancar dan tak kurang suatu apapun hingga selesainya latihan.