Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

PIA AG LANUD RSN IKUTI WORKHSOP PENANAMAN SAYUR HIDROPONIK

Bagikan via:

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on whatsapp


Ketua Pia AG Cabang 12/D.1  Lanud Roesmin Nurjadin, Ny. M. Khairil Lubis beserta sejumlah pengurus Pia mengikuti kegiatan workhsop penanaman sayur hidroponik yang di laksanakan di Komplek Perumahan Bank Indonesia, Jalan Ronggo Warsito, Pekanbaru, Senin (29/9).


Pada kesempatan tersebut seluruh peserta Work Shop menerima penjelasan sekaligus praktek tentang teknik budidaya sayuran secara hidroponik. Disampaikan bahwa cara menanam hidroponik sebenarnya sangat cocok untuk diterapkan di daerah perkotaan atau daerah urban, karena banyak manfaatnya, diantaranya hemat tempat dan ramah lingkungan. Sejumlah jenis tanaman sangat mudah untuk di tanam dengan cara hidroponik diantaranya jenis tanaman sayuran daun seperti bayam, sawi, kangkung, seledri, kemangi dan lain sebagainya.


Keuntungan hidroponik lainnya adalah tidak tergantung dengan tanah dan wadah media (pot) bahkan dengan menggunakan botol mineral bekas pun bisa bertanam hidroponik. Beberapa keuntungan hidroponik lain yaitu, tanaman dapat tumbuh lebih subur karena kondisi media tanam dan nutrisi hidroponik terjaga dan diatur sedemikian rupa sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan tanaman.


Dengan workshop ini diharapkan seluruh peserta memahami dan mampu menerapkan tatacara menanam tanaman dengan cara hidroponik karena sangat bermanfaat dan mudah diterapkan di lingkungan perumahan. Selain itu  sayuran yang dihasilkan akan lebih sehat berkualitas baik dan bebas dari bahan-bahan kimia.


 Selain diikuti oleh ibu-ibu Pia AG, kegiatan workshop ini juga di ikuti oleh sejumlah perwakilan ibu-ibu dari seluruh kelurahan yang ada di kota pekanbaru..    Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama Bank Indonesia Perwakilan Riau, Pemko Pekanbaru, , Dinas pendidikan Kota Pekanbaru dan Badan Ketahanan Pangan kota Pekanbaru.
Pada kesempatan tersebut Ketua Pia AG, Ny. M. Khairil Lubis beserta seluruh peserta lainnya bisa melihat langsung dan berkeliling ke pekarangan komplek BI untuk melihat hasil budidaya hidroponik diantaranya tanaman melon, selada bayam dan cabe dan jenis tanaman sayuran lainnya.