Cegah Karhutla, Satgas Karhutla Riau Laksanakan Patroli Terpadu



Berbagai upaya terus dilakukan oleh Satgas Karhutla Riau untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di provinsi Riau.

Salah satunya adalah dengan melaksanakan patroli terpadu oleh tim gabungan yang terdiri dari personel Lanud Rsn, Yonko 462 Paskhas, Polda Riau serta BPBD Riau di wilayah kecamatan Tebing Tinggi Kepulauan Meranti, Jum’at (9/6).

Menggunakan helikopter Puma TNI AU, tail number HT-3310 dari Skadron Udara 8 Skadron Udara 8 Lanud Atang Sandjaja Bogor yang dipiloti Kapten Pnb Rizky Randiguna dan Lettu Pnb Zefanya, tim kecil ini bergerak menuju lokasi yang ditentukan setelah selesai melakukan persiapan.

Kalaksa BPBD Riau H. Edwar Sanger.,M.Si, mengatakan dari patroli terpadu ini dapat diamankan satu orang dengan beberapa peralatan seperti jerigen, chainsaw, mancis, handphone dan kapak, yang kemudian akan diserahkan ke Krimsus Polda Riau untuk ditindaklanjuti agar diperiksa sesuai aturan yang berlaku.

“Kita harapkan dan menghimbau kepada masyarakat untuk jangan lagi mau disuruh membakar hutan dan lahan, dan kami juga berterima kasih pada TNI dan Polri, mudah-mudahan kebersamaan kita pada hari ini baik TNI-Polri dan BPBD akan terus terjalin dengan baik, sehingga kita bersama-sama menjaga Riau untuk Bebas Asap”, lanjut Kalaksa.

“Ke depannya kita akan menyegel lokasi tersebut dan akan mencari siapa yang bertanggung jawab, tentu penegakkan hukum diprioritaskan agar tidak terjadi lagi karhutla, dan kami harapkan kerja sama seluruh komponen masyarakat di Riau untuk menjaga agar Riau Bebas Asap”, tambah Kalaksa.
    
Wadireskrimsus Polda Riau AKBP Edi Faryadi mengatakan dengan adanya hasil kegiatan hari ini, akan langsung dilakukan pemeriksaan, lalu akan diungkap apakah ini dari yang bersangkutan sendiri atau ada yang memerintahkan untuk membakar, kemudian itu lahan siapa, lalu bagaimana ia bisa menguasai lahan dan melakukan pembukaan lahan.
“Kami akan bekerja dengan baik untuk provinsi Riau, setiap hari kami akan menjaga ini, maka apapun yang kami dapat akan kami kembangkan, karena itulah tugas kami”, tambahnya.

Sementara itu Danlanud Rsn Marsma TNI T.B.H. Age Wiraksono, S.I.P., M.A., yang juga Komandan Satgas Udara mengatakan bahwa semua alutsista yang berada di Lanud dapat diutilisasi untuk mendukung kegiatan Satgas Karhutla, baik dalam pemantauan hingga patroli terpadu.

“Kita semua, seluruh unsur yang tergabung dalam Satgas Karhutla Provinsi Riau akan terus bersama dan bersinergi bekerja sama untuk mencapai Riau bebas asap di tahun 2017”, pungkas Danlanud.


Kembali Ke Halaman Sebelumnya

Pengumuman

Statistik

557804
 Pengunjung hari ini : 23
 Total Pengunjung : 98448
 Pengunjung Online : 2

Link Terkait





Copyright © 2013 Lanud Roesmin Nurjadin
Web Design & Development by Roni Jasa Web - 0852 8888 5588